Tuesday, October 21, 2014

Pentingnya Membacakan (Reading Aloud) pada Anak

Banyak orangtua menyempatkan untuk membacakan satu atau dua buku bergambar saat anak-anak mereka masih sangat kecil. Namun saat anak beranjak besar dan mulai belajar membaca, kegiatan membacakan untuk anak perlahan memudar. 

Ada sedikitnya 5 alasan mengapa penting bagi orangtua meneruskan kegiatan membacakan untuk anak. Simak satu persatu yuk!!



  • Jika orangtua memulainya sejak anak masih sangat kecil, membacakan untuk anak akan membangun rentang konsentrasi anak.
Anak-anak yang sudah dibacakan buku sejak kecil dapat berkonsentrasi dan menyimak sesuatu lebih lama dari pada anak yang menghabiskan waktunya di depan TV atau bermain video games

  • Membacakan untuk anak akan menambah kosakata anak
Orangtua bisa memilih buku dari level mana pun, karenanya anak-anak mulai mengenal keindahan bahasa. Hal ini juga membangun kemampuan berpikir mereka.
Untuk menghindari terjebak membahas satu kosakata baru, ajari anak untuk menebak artinya dari konteks kalimat dan biarkan mereka menggunakan bahasa mereka sendiri.

  • Sastra dapat mengenalkan anak pada ide dan situasi yang sulit dengan cara yang aman
Hidup penuh dengan kebenaran yang kadang menyakitkan, setuju? Dan cara apa lagi yang paling aman bagi anak anda selain belajar mengenalnya dari orang yang paling mereka percaya? 
Buku Charlotte’s Web misalnya mengajarkan bahwa kadang teman terbaik kita harus meninggal bukan karena kecelakaan atau sakit, tapi lebih karena kematian memang bagian dari hidup. 
Sastra juga membangun empati karena pembaca menempatkan diri mereka pada tempat sang tokoh, membayangkan bagaimana mereka akan bertindak di situasi yang sama.


  • Membacakan untuk anak akan menstimulasi imajinasi mereka
Orangtua tidak perlu memilih buku dengan tingkat kesulitan baca tertentu saat membacakan untuk anak-anak. Bila anak sudah mulai bisa dengan bacaan tingkatan mudah, anda bisa membaca buku yang tingkat kesulitannya jauh di atas kemampuannya. Ini berarti anda dapat mengenalkannya pada dunia fantasi yang berisi binatang yang berbicara, para ksatria dan peperangan, atau pun negeri-negeri yang jauh.
Sastra dipenuhi dengan karakter yang anak anda ingin tiru. Puisi akan mengisi pikiran mereka dengan bahasa-bahasa indah dan memunculkan kreatifitas anak akan kata-kata dan cerita mereka sendiri. 


  • Membacakan untuk anak menciptakan ikatan keluarga, khususnya bila didengarkan bersama-sama
Anak-anak anda akan senang mengenang saat-saat mereka mendengarkan anda membacakan buku, cekikikan saat mendengar “suara-suara” aneh yang anda perdengarkan, dan mengulang kembali cerita yang mereka dengar saat berbaring di sekeliling anda. 
Jangan pernah menganggap buku anak-anak itu kekanak-kanakan. A good story is a good story! That’s it!!


Jadi tunggu apa lagi? Segera ambil sebuah buku dan bacakan untuk anak-anak anda!

Sumber: currclick.com
#TheImportanceofReadingAloud
Putri Ariani
SMS/WA 081808076098
LINE : simpleputri
G+ : PutriArianiID
http://bit.ly/joinamaputri




No comments:

Post a Comment